2020-10-17

Kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Buton Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara di BPTP Balitbangtan Sulsel

BPTP SULAWESI SELATAN
...

Kamis, 15 Oktober 2020, anggota DPRD Kabupaten Buton Selatan melakukan kunjungan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulawesi Selatan.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka konsultasi terkait dengan pengembangan potensi pertanian di Kabupaten Buton Selatan.

Saat melakukan kunjungan,Tim DPRD diterima langsung oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sulsel Dr.Ir. Abdul Wahid, MS di ruang kerjanya, setelah itu dilanjutkan dengan diskusi bersama para peneliti dan penyuluh di Aula Pertemuan Lantai 2.

Diskusi, diawali dengan sambutan Kepala BPTP Sulsel, Abdul Wahid, yang menjelaskan fungsi BPTP sebagai unit Badan Litbang Pertanian yang mempunyai tupoksi pengkajian spesifik lokasi dan diseminasi teknologi pertanian serta pendampingan program-program strategis Kementan di daerah.

Selain itu, Abdul Wahid juga menjelaskan lima jasa layanan Balai, yang terdiri dari empat jasa layanan Kebun Percobaan dan satu jasa layanan Laboratorium Tanah Maros.

Selanjutnya, saat diskusi, oleh anggota DPRD Buton Selatan La Muhadi, S.Pd, juga menjelaskan potensi pertanian yang ada di daerah Buton yang sampai saat ini belum banyak tersentuh dengan inovasi teknologi pertanian.

Olehnya itu, mereka berharap BPTP Balitbangtan Sulsel bisa berperan membantu dalam mengembangkan inovasi teknologi pertanian di daerah Buton Selatan.

Usai diskusi, Tim DPRD tersebut berhelat, melakukan kunjungan lapang ke lokasi penelitian pertanaman bawang merah yang berlokasi di Kelurahan Leang Leang, Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

Pertanaman bawang mereka yang dikunjungi tersebut, merupakan pertanaman bawang di musim kemarau dengan teknologi panen air dan hemat air yang
dilaksanakan oleh Balitklimat bekerjasama dengan BPTP Balitbangran Sulsel berserta Pemda setempat

Saat melakukan kunjungan, Tim DPRD didampingi oleh Dr. Abdul Syukur Syarif, MP, selaku Tim peneliti BPTP Sulsel

Melihat kondisi pertanaman dan perlakuan inovasi yang ada di lapangan, Tim DPRD Buton Selatan sangat mengapresiasi, dan mengatakan akan mengedukasi dan mengembangkan inovasi teknologi pertanian tersebut.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://sulsel.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita/info-aktual/771-kunjungan-anggota-dprd-kabupaten-buton-selatan-provinsi-sulawesi-tenggara-di-bptp-balitbangtan-sulsel